Sunday 18 August 2019

Sandal Jepit Pemberian Melanie Subono yang Mengubah Hidup Pengemudi Ojek Online



Sandal Jepit Pemberian Melanie Subono yang Mengubah Hidup Pengemudi Ojek Online

Instagram Melanie Subono


Terkadang tindakan kecil yang anda lakukan, tanpa disadari memiliki akibat yang luar biasa untuk orang lain.
Seperti yang dirasakan penyanyi dan presenter Melanie Subono baru-baru ini.

Ia tak menduga sandal jepit yang ia berikan 23 tahun lalu dominan  besar untuk hidup seorang pengemdui ojek online.

Melanie menceritakan, pada Jumat (16/5/2019), ia memesan ojek online menuju area Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Saat pengemudi itu datang, ia menyaksikan perilakunya begitu emosional.

Namun, Melanie tak terkejut, sebab hal ini sering ia temui ketika bertemu peminat atau orang beda yang mengenalinya sebagai seorang pesohor.

Beberapa ketika kemudian, ia merasa ekspresi emosional pengemudi ojek online kali ini begitu berbeda.
"Dia biasa ngajak ngomong, Mbak terdapat rumah pun di sini ya, dulu pernah apa. Terus tiba-tiba dia bilang, 'Mbak, tak sempat sama saya ya," ujar Melanie untuk Kompas.com, Sabtu (17/8/2019).
Melanie menyatakan terkejut dengan pertanyaan pengemudi tersebut. Ia lantas memintanya menyatakan maksud pertanyaan itu. 

"(Pengemudi bilang) Iya, Mbak. Saya tersebut pernah Mbak bawa ke Dufan, kata dia. Terus saya tanya, 'Kapan, Mas?' 23 tahun yang lalu," kata Melanie menirukan percakapannya dengan sang pengemudi.
Melanie terus mengingat-ingat kejadian yang dimaksud.
Sebagai seorang aktivis yang pernah mengikuti pelbagai kegiatan, Melanie mengaku kendala mengingat kejadian tersebut.

Namun, pengemudi ojek online itu terus mengupayakan mengingatkan.
"Mbak pernah bawa anak yatim. Mbak waktu tersebut model bawa anak yatim ke Dufan, kata dia," ujar Melanie. 
"Katanya gini, 'Saya tersebut diledekin sama teman-teman sebab sandal saya tuh tipis banget atau apa, terus sandal saya tuh putus. Terus saya tersebut enggak berani jalan lagi, saya hanya nangis di pojok. Terus Mbak nyamperin saya," tuturnya.

Dalam situasi masih kebingungan, Melanie lantas bertanya apa yang ia kerjakan saat mengunjungi pengemudi tersebut.
"Terus saya ngapain? 'Mbak beliin saya sandal baru," ujar Melanie. 
Kemudian, Melanie menyatakan mulai menilik kejadian itu dan merasa paling terharu.

Melanie semakin terkejut saat mengetahui tindakan simpel yang ia kerjakan ternyata paling berdampak untuk hidup pengemudi ojek online.
"Habis kejadian tersebut saya kepikir, saya pun mau ah melakukan baik. Jadi saya dari panti tersebut umur sekian saya masuk ke Surabaya, masuk pondok pesantren. Terus saya pengin jadi bener gitu, terus kini saya telah nikah, punya anak," kata Melanie menirukan perkataan pengemudi ojek online itu kepadanya. 
Berdasarkan keterangan dari Melanie, kejadian ini membuatnya tersadar bahwa sekecil apa pun tindakan baik yang anda lakukan, maka dampaknya dapat menjadi paling besar untuk orang lain.

"Saya hanya bilang, 'Ya telah Mas enggak usah dikenang saya buat apa, yang urgen Mas ingat apa yang sayalakuin tersebut Mas lakuin lagi ke orang lain'. Iya Mbak, dulu Mbak pun ngomong gitu, kata dia," ujar Melanie.
Kisah ini juga diberikan Melanie dalam akun instagram pribadinya, @melaniesubono. Ia mengunggah foto bareng pengemudi ojek online yang dimaksud.
Ia bercita-cita kisah ini menjadi inspirasi untuk semua orang guna senantiasa melakukan baik.