Tuesday 10 September 2019

Livi Zheng: Joko Anwar Tidak Tahu Oscar



Livi Zheng: Joko Anwar Tidak Tahu Oscar


Livi Zheng (kiri), Sutradara asal Indonesia yang membuat film Hollywood, Brush with Danger. (musicshow.info)

Livi Zheng, sineas indonesia yang menyatakan berkarir di Amerika Serikat, menyinggung sutradara Joko Anwar tak paham mengenai Oscar. "Kalau orang gak pernah berkarir di Amerika, gak ngerti Oscar, pengertian feature film, ya barangkali asal ngomong kali," katanya ketika menjadi tamu Deddy Corbuzier di channel Youtubenya pada Sabtu, 7 September 2019.

Berdasarkan keterangan dari Livi, karya dia, Bali: Beats of Paradise yang dibuat ialah feature film dan bukan documentary film laksana yang disebutkan Joko Anwar. "Di situs Oscar dinamakan feature film tersebut jika durasinya di atas 40 menit. Feature gaknya tersebut base on duration, bukan base on genre. Bisa documentary, drama, action. Cuma panelisnya ini gak ngerti, dia ngotot. Kalau orang gak pernah kerja di Amerika ya gimana," ucapnya.

Dalam tayangan QNA Belagak Hollywood di Metro TV yang menghadirkan Livi sebagai tamu, Joko sebagai panelis bareng para sutradara Indonesia mengaku film yang diciptakan perempuan 30 tahun ini ialah film dokumenter. Sehingga, filmnya tidak dapat bersaingi dengan film-film beda sebagai best picture dalam perhelatan Academy Award. Saat itu, Livi ngotot menuliskan bahwa film dia masuk dalam seleksi nominasi Oscar.

Livi menjelaskan, filmnya mengisi persyaratan administrasi guna masuk seleksi Oscar lantaran telah tayang di bioskop Amerika. "Dia telah ada belum filmnya yang tayang di Amerika? Mungkin filmnya kagak nyampai standar Oscar gimana. Joko Anwar bilang punya agen dan manajer di Hollywood, namun mana produksinya di Amerika?" ucapnya.

Ia menyatakan, faktanya filmnya ialah karya Hollywood lantaran telah tayang di bioskop di Amerika. Sebuah film dinamakan sebagai film Hollywood andai diproduksi di Amerika. "Mau diproduksi di Los Angeles, di New York, di Texas, tersebut disebut film Hollywood karena diciptakan di Amerika," katanya.

Ia lantas ditantang Deddy untuk berkata kepada Joko Anwar "Joko Anwar, lu tidak boleh ngomong film gue bukan feature film, bila lu gak ngerti pengertian feature film, film gue feature film. Jangan lupa, film gue film Hollywood, sebab diproduksi di Amerika."