Tuesday 15 October 2019

Mengenal Fobia Sosial, Gangguan Mental yang Diidap Sulli f(x)

Mengenal Fobia Sosial, Gangguan Mental yang Diidap Sulli f(x)

KarcisToto Togel SGP  - Mantan personel girlband f(x) Sulli meninggal dunia pada umur 25 tahun, Senin (14/10). Sulli ditemukan tak bernyawa di kediamannya di Sujeong-gu, Seongnam, Provinsi Gyeonggi.
Kepolisian masih mengusut penyebab kematian Sulli. Sebelum meninggal dunia Sulli diketahui mempunyai gangguan mental berupa takut sosial dan serangan panik. Dia mengungkapkan urusan tersebut dalam reality show Jinro Store.
Fobia sosial yang diderita Sulli dikenal pun dengan istilah medis gangguan kegelisahan sosial (social anxiety disorder). National Institute of Mental Health (NIMH) mengartikan takut sosial sebagai situasi kesehatan mental yang menciptakan seseorang takut sebab merasa terus-menerus dipantau oleh orang beda secara intens.
Orang dengan takut sosial merasa mereka fobia akan dihina, dihakimi, dan ditolak. Gangguan ini menyebabkan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari orang dengan takut sosial terganggu.
Saking takutnya, mereka susah berteman atau bahkan berkomunikasi dengan orang lain. Ketakutan ini susah dikendalikan.
Seseorang dengan takut sosial seringkali merasakan fenomena kecemasan atau ketakutan dalam kondisi sosial tertentu atau bahkan pada seluruh situasi sosial. Misalnya, ketika bertemu orang baru, berkencan, wawancara kerja, atau membalas pertanyaan di kelas. Kegiatan keseharian seperti santap dan minum di depan orang beda atau pergi ke toilet juga dapat memicu munculnya kecemasan.
Di samping ketakutan, gejala jasmani juga kerap hadir pada orang dengan takut sosial. Seperti berkeringat, gemetar, detak jantung semakin cepat, mual, dan pusing.
Dikutip dari NIMH, tak terdapat yang tahu secara tentu penyebab dari takut sosial. Namun, studi mengindikasikan gangguan kegelisahan sosial ini seringkali muncul pada orang yang masih muda dan paling pemalu. Prevalensi takut sosial di Amerika Serikat menjangkau tujuh persen.
Fobia sosial ini bisa dihilangkan dengan perawatan yang tepat dari dokter, psikiater, dan psikolog. Fobia sosial laksana yang dirasakan Sulli eks f(x) dapat diobati dengan psikoterapi atau terapi bicara, obat-obatan, dan keduanya.