Thursday 11 July 2019

6 Hal Menakutkan Ini Akan Terjadi Jika Tak Ada Oksigen Selama 5 Detik di Bumi

Ilustrasi Bumi

6 Hal Menakutkan Ini Akan Terjadi Jika Tak Ada Oksigen Selama 5 Detik di Bumi

6 Hal Menakutkan Ini Akan Terjadi Jika Tak Ada Oksigen Selama 5 Detik di Bumi


Apa jadinya andai Bumi tanpa oksigen?

Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab; Manusia tidak akan dapat bernapas kemudian meninggal dunia. Ya, jawaban tersebut tepat sekali.

Namun, ada sebanyak hal yang pun menakutkan. Kondisi alam akan mendadak berubah. Bumi bakal amblas, kulit insan akan terbakar sampai bangunan dari beton bakal ambruk.

Efek tersebut akan terjadi bilamana Bumi kehilangan oksigen sekitar 5 detik saja. Jadi, dapat Anda bayangkan alangkah buruknya efek yang muncul.

Berikut 6 efek menakutkan bilamana Bumi kehilanghan oksigen sekitar lima detik:

1. Langit di Siang Hari Jadi Gelap

Ilustrasi kawah Chicxulub, bukti asteroid pernah jatuh ke bumi (Mark Garlick/ Science Photo Library/AFP Photo)

Cahaya dari Matahari menjangkau permukaan bumi sebagai hasil dari sejumlah refleksi yang terjadi saat partikel-partikel cahaya memantul dari partikel-partikel di angkasa (debu, molekul oksigen, kotoran lainnya di udara).

Tidak adanya oksigen berarti lebih tidak banyak partikel untuk cahaya guna memantulkan sinarnya. Sehingga efek yang didapatkan yaitu langit akan terlihat gelap, nyaris hitam, sebenarnya.

Pada dasarnya, cahaya akan menjangkau Bumi, namun seolah-olah tersebut dipancarkan dari sumber titik, sebagai lawan dari apa yang seringkali kita lihat.

2. Kerak Bumi bakal Hancur

Asteroid (0)

Oksigen adalah45 persen dari unsur kerak bumi. Karena itu, tanpa konstituen utamanya, Bumi pada unsur dasar bakal lenyap dan anda akan jatuh bebas.

3. Semua Orang yang Sedang Berjemur di Pantai bakal Gosong

matahari

Ozon ialah lapisan yang menangkal sebagian besar sinar UV dari matahari sampai-sampai tidak menjebol atroposfer.

Lapisan Ozon ini sepenuhnya terdiri dari oksigen molekuler (ozon = O3), jadi pada dasarnya mereka yang sedang berjemur bakal benar-benar gosong.

4. Bagian Telinga bakal Rusak

Telinga (iStockphoto)

Manusia bakal kehilangan selama 21 persen dari desakan udara di dalam telinga dengan sekejap.

Setelah itu, kita akan merasakan sesuatu yang dinamakan barotrauma (mengacu pada cedera yang diderita sebab kegagalan guna menyamakan desakan ruang yang berisi udara dengan lingkungan sekitarnya).

Barotrauma seringkali terjadi saat ada evolusi tekanan yang tiba-tiba. Misalnya, sekitar penyelaman laut atau perjalanan udara. Seolah-olah telinga anda tersumbat.

5. Kendaraan dan Mesin Pembakaran Internal bakal Berhenti Bekerja

Ilustrasi parkiran mobil (iStock)

Semua mobil yang memakai bahan bakar jenis apa juga yang mengandalkan mesin pembakaran internal (semuanya kecuali mobil listrik) bakal berhenti secara tiba-tiba.

Itu seluruh terjadi sebab tidak terdapat oksigen guna proses pembakaran. Kita akan menyaksikan pesawat, helikopter, dan bahkan pesawat ulang-alik jatuh dari langit karena dalil yang sama.

6. Bangunan dari Beton bakal Hancur

20161205-Dubai-Kabut-AFP1

Oksigen ialah pengikat urgen dalam struktur beton, dan tanpa itu, senyawa tidak tahan terhadap kekakuannya.

Kita telah tahu bahwa oksigen tersebut penting guna bertahan hidup, namun kehilangan oksigen melulu selama 5 detik saja dapat berbahaya.