Monday 12 August 2019

Siti Nurhaliza: Bugar dengan Bersepeda

Siti Nurhaliza: Bugar dengan Bersepeda

 Penyanyi asal Malaysia Dato Siti Nurhaliza atau yang akrab disapa Siti Nurhaliza


TERLIHAT tahan lama muda, biduan asal Malaysia Dato Siti Nurhaliza atau yang akrab disapa Siti Nurhaliza mengerjakan sejumlah hal guna tetap mengawal kecantikannya, dari dalam (inner) maupun luar tubuh. Apa resepnya? 

Pelantun Bukan Cinta Biasa tersebut mengaku membudayakan diri guna mengonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, dan berolahraga. Kebiasaan tersebut terus berlanjut sampai dirinya menikah dan menjadi ibu.

"Seperti yang wanita lazimnya ketahui, mengasuh kecantikan tersebut juga mesti mengawal makanan sehat, minum air yang cukup, dan berolahraga. Saya dan suami memilih naik sepeda road bike," ungkap Siti Nurhaliza saat didatangi di acara peluncuran Simplysiti di Jakarta, Kamis (8/8).

Bahkan, Siti yang telah memasuki usia 40 tahun itu, pernah mengekor turnamen sepeda pada malam hari dengan jarak tempuh sampai 78 kilometer (km) yang dapat ia selesaikan dalam masa-masa tiga jam.

"Sepeda menjadi kegemaran saya dan suami, justeru saya sempat join tournament yang disarankan oleh pihak pelaksana menempuh jarak sampai 78 km," ujar wanita kelahiran Pahang, Malaysia, 11 Januari 1979 itu.

Dalam ajang turnamen tersebut, pelantun Cindai tersebut sempat terjatuh ketika mengayuh sepedanya di jalan mendatar ketika turnamen tersebut. Peristiwa tersebut membuatnya sadar guna lebih berhati-hati dan mengkhususkan keselamatan.

"Alhamdulillah sekarang bila saya naik sepeda, saya tidak jarang kali ingetkan diri saya supaya supaya selalu berhati-hati sebab saya terdapat anak kecil. Jadi, sekarang bila saya naik sepeda, saya ingat anak-anak, saya tidak terlampau mengayuh dengan cepat," jelas istri pengusaha Khalid Mohamad Jiwa, 60, itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan hendak menularkan hobi berolahraga untuk orang lain, untuk mengawal kesehatan serta menjaga keelokan dari dalam. 

"Karena saya nak tunjukkan bahwa ini ialah cabaran (tantangan) guna wanita dalam mengawal kecantikan pun kesehatan, sekaligus saya hendak beri ilham wanita di luar sana guna terus bergerak aktif," kata ibu dari Siti Aafiyah Binti Khalid, 1, itu.

Pascamelahirkan, Siti berhasil menurunkan mutu tubuh sampai 20 kilogram. Bagi makanan, Siti tidak santap makanan digoreng, dibakar, atau dikukus. 

Bisnis kecantikan

Di samping sebagai penyanyi, Siti pun dikenal sebagai pengarang lagu, produser rekaman, presenter televisi, dan pengusaha Malaysia yang lumayan sukses. Di negara asalnya, empunya Siti Nurhaliza Productions (M) Sdn Bhd tersebut mempunyai bisnis minuman kesehatan dan fesyen. Ia mempunyai produk pakaian dengan delapan butik di Malaysia. 

Sementara itu, di Indonesia, Siti menyatakan akan konsentrasi pada produk keelokan berlabel Simplysiti yang baru saja diluncurkannya. Sebagian besar produknya tersebut ia beri nama dengan judul lagunya sendiri. "Ada 18 lipstik yang diberi nama lagu," sebutnya.

Di samping sederet titel itu, Siti pun dikenal sebagai di antara filantrop di dalam sejumlah pekerjaan amal. Ia menjadi artis Malaysia kesatu yang mempunyai yayasan amal dengan namanya sendiri, sesudah ia mengenalkan Tabung Prihatin Siti pada 2014. Yayasan ini mengoleksi dana untuk penyembuhan medis dan edukasi anak-anak.

Pada Januari 2005, Siti menyumbangkan RM35 ribu atau setara dengan Rp385 juta (kurs US$11 ribu) untuk tiga organisasi bertolak belakang untuk korban-korban tsunami 2004, tergolong Indonesia. (Ant/H-2)