Monday 2 September 2019

Sebelum Berangkat ke California, Andrea Putri Gelar Konser Perpisahan



Sebelum Berangkat ke California, Andrea Putri Gelar Konser Perpisahan

Sebelum Berangkat ke California, Andrea Putri Gelar Konser Perpisahan.


Belakangan, nama Andrea Putri Turk menjadi sorotan tidak sedikit pihak lantaran diandalkan  Presiden Jokowi membawakan lagu "Tanah Airku" di acara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, pada 17 Agustus 2019 lalu. Banyak pujian ditunjukkan kepada gadis 18 tahun tersebut saat itu.

Yang membanggakan, Andrea Putri ternyata diterima di sebanyak perguruan tinggi ternama di Inggris dan Amerika. Namun atas sebanyak pertimbangan, Andrea Putri akhirnya menyimpulkan untuk kuliah California Institute of the Arts (CalArts). Di sana, Andrea Putri hendak serius mempelajari vokal dan gamelan.

"Piano pasti, tapi bila gamelan selain dapat mengusung kebiasaan Indonesia di sana, musik gamelan pun sangat kaya (suaranya). Pakar gamelan Indonesia pun ada di sana. Tidak melulu belajar tersebut sih, tapi pun mau lanjutin karier dan koneksi," ucap Andrea Putri.

Sebelum berangkat kuliah di California sekitar sekitar 4 tahun lamanya, Andrea Putri melangsungkan konser perpisahan bertema "Andrea Turk & The Gigantics Intimate Charity Concert" pada Jumat (30/8) malam kemudian di Soehanna Hall, area SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan.

"Aku hendak meninggalkan sesutu yang spesial guna teman-teman disini sebelum berangkat kuliah," kata Andrea Putri dalam sesi jumpa pers

Dalam gelaran konsernya, Andrea Putri melibatkan sejumlah biduan seperti Iga Massardi, Prince Husein, Jayko, Bagus Bhagaskara, Eka Gustiwana, dan yang lainnya.

Sedikitnya terdapat 18 lagu dinyanyikan Andrea Putri dalam gelaran konsernya tersebut. Dan nyaris lagu yang dia nyanyikan di acara konser berbahasa Inggris dan adalahlagu ciptaannya sendiri.

"Semua karya saya sendiri dan berbahsa Inggris. Tapi terdapat satu lagu Bahasa Indonesia yang saya bawakan, judulnya "Tiada Perbedaan". Beberapa lagu terdapat yang dipungut dari dari album kesatu, ada pun yang fresh from the oven," kata Andrea Putri.

Sejumlah lagu yang dinyanyikan Andrea Putri di gelaran konsernya ialah "Outsider", "Garden", "Who We Are", "Young, Honey", "Outer Space", "Message Unsend", "Nothing About You", "Boy From Panama", "With You" dan yang lainnya.

Penghasilan dari konser beberapa disumbangkan Andrea Putri untuk menolong para penderita kanker lewat Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

Andrea Putri ialah pemilik album Andrea Turk yang resmi dikenalkan pada April 2019 lalu. Tidak melulu sebagai penyanyi, Andrea Putri pun pintar mencatat lagu dan menciptakan aransemen. Lagu "Who We Are" miliknya berhasil menyabet penghargaan internasional di ajang Young Songwriter 2019 yang dilangsungkan di London, Ingris, sejumlah waktu lalu.